BP TAHUN 2019 DESA CIASMARA YANG DI PERUNTUKAN PENGADAAN DAN PERATAAN TANAH KAS DESA TELAH SELESAI DI REALISASIKAN TAHUN 2020

Pamijahan,Pajajaranpos.com
Bonus Produksi (BP) tahun anggaran 2019 dari PT. Star Energy Geothermal Salak, sebagai perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi yang berkedudukan di Desa Ciasmara, Purwabakti dan Ciasihan kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor, telah 100% diterima dan telah di realisasikan oleh Pemerintahan Desa Ciasmara pada Tahun 2020.

Desa Ciasmara mendapatkan anggaran sebesar Rp. 1.072.261.117. Dengan pencairan terbagi kedalam dua termen, masing-masing sebesar Rp. 536.130.558 per, termen.

Beberapa tahapan yang merupakan salah satu syarat pencairan tersebut adalah, Pemerintah Desa mengadakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus), yang dihadiri oleh perwakilan seluruh elemen di Desa Ciasmara. Antara lain : Lembaga Desa Ciasmara, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, BPD, LPM, Karang Taruna, dan elemen lainnya sedesa Ciasmara. Untuk menentukan apa saja kegiatan yg akan didanai menggunakan sumber anggaran tersebut.
Dan pada kesempatan tersebut telah disepakati, bahwa anggaran BP digunakan untuk Pembelian lahan Kas Desa Ciasmara, termasuk perataan, pembatasan lahan dan dokumen tanah.
Demikian disampaikan oleh Junaedi, Kepala Desa Ciasmara pada sela-sela kegiatannya di lokasi lahan Kas Desa Ciasmara kepada Pajajaran Post.

Pada tahun 2019, anggaran tersebut memang tidak terserap sesuai yang di jadwalkan. Hal ini terjadi, disebabkan oleh regulasi pembelian lahan yang cukup rumit. Karena Desa Ciasmara merupakan desa yang pertama kali membeli lahan yang berstatus sebagai tanah Negara, dengan sumber anggaran untuk pembeliannya dari Kas Daerah Kabupaten Bogor. Namun dengan kerja keras dan kerja bersama semua unsur di Desa Ciasmara, diantaranya Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Khusus Pengadaan lahan kas desa.
Dan Pemerintah desa Ciasmara, dibantu oleh seluruh masyarakat Desa Ciasmara, akhirnya dapat melaksanakan regulasi tersebut dengan baik. Lanjut Junaedi.
Sehingga Anggaran Bonus Produksi tahun 2020 dapat dicairkan, tepatnya di bulan Pebruari 2020, yang merupakan termen pertama.
sebesar Rp. 536.130.558.

Anggaran tersebut, oleh Pemdes melalui TPK Khusus desa Ciasmara langsung di realisasikan untuk membayar tanah melalui transfer Bank kepada penjual atau pemilik lahan sebesar Rp. 500.000.000,-

sementara itu, harga tanah hasil penawaran secara langsung antara penjual dengan Lembaga Desa Ciasmara, TPK dan masyarakat, bahwa tanah dengan luas 4.628 m2 dibayar seharga Rp. 763.620.000, atau Rp.165.000/m2, dengan perjanjian dua tahap pembayaran.

Kades Junaedi juga berharap, agar Aset Lahan Kas Desa Ciasmara ini, bisa bermanfaat untuk kepentingan semua masyarakat Desa Ciasmara.

“Terkait pemberitaan di media online LEAD.co.id itu semua tidak benar dan itu fitnah” ,tegas Kades Junaedi.( D.Marta Atmaja )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *