Diklat Jurnalis Pajajaran Pos Bersinergi Dengan PWRI Kabupaten Bogor

Bogor, Pajajaran Pos.com
Hari Sabtu 03 Oktober 2020 diadakan Pendidikan kilat (Diklat) jurnalis dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas Marwah jurnalis yang kompeten sesuai dengan tupoksinya, yang berpedoman pada 5 W + 1 H (What (apa), Where (dimana), When (kapan), Who (siapa), Why (mengapa) + , How (bagaimana).

Menurut ketua PWRI kabupaten Bogor Rohmat selamat SH M.Kn, “Dunia kewartawanan adalah way of life (jalan hidup), bisa dibilang lebih dari profesi dimana dalam mengamati, menganalisa dan menulis informasi yang terjadi dimasyarakat khususnya masalah sosial seorang jurnalis dalam menjalankan tupoksinya sebagai kontrol sosial harus fair dalam menyampaikan berita dan harus kroscek langsung ke lapangan, istilahnya jangan jadi humas.

Sedangkan menurut Ruby Falahadi selaku team advokasi yang tergabung dalam PWRI menyatakan, “kita sebagai jurnalis jangan takut untuk menulis apa yang kita lihat dan rasakan sesuai fakta di lapangan ,karena tugas kita sebagai kontrol sosial yg dilindungi oleh undang-undang Pers no 40 tahun 1999, dan kita tidak bisa dipidanakan langsung karena karya yang kita tulis, tetapi harus dipertanggungjawabkan melalui dewan pers, serta apabila ada seorang jurnalis yang terjerat masalah hukum kita siap memberikan advokasi, ujarnya.

Dan menurut H. Ruhiyat Nugraha selaku ketua DPRD komisi 1 tingkat provinsi tidak kalah menariknya dalam memotivasi para jurnalis yg hadir dalam acara tersebut, menurutnya “bahwa profesi seorang jurnalis selevel tingkatannya dengan pejabat baik itu eselon satu atau Bupati atau pun para penegak hukum karena profesi seorang jurnalis itu adalah independen tidak dibawah instansi pemerintah dan disela-sela pemberian materinya beliau juga menyampaikan tentang daerah otonom baru (DOB) Bogor barat yg masih dalam tahap moratorium semoga cepat terealisasi. (R. soleh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *