Diduga Proyek Peningkatan Jalan Rabak-Gobang Tidak Sesuai SPEK Serta Tidak Transparan

Rumpin,pajajaranpos.com
Sebuah proyek kegiatan peningkatan jalan yang di kerjakan oleh CV.ADLI PRIMA di jalan kadusewu cikadu desa rabak kecamatan rumpin kabupaten bogor. Tak mematuhi Undang-Undang Nomor 14 tahun 2014 tentang keterbukaan informasi publik (KIP).

Bentuk ketidakpatuhan tersebut yakni dalam papan proyek,tidak mencantumkan nilai volume pengerjaan. Tentu hal tersebut menimbulkan tanda tanya, pasalnya proyek tersebut dibiayai oleh pajak rakyat yang dibayar, yang Memakai anggaran Rp.1.924.529.000.00.

Kewajiban memasang plang papan nama proyek tertuang dalam peraturan presiden (Perpres) Nomor 54 tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 tahun 2012. Regulasi ini mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek.

Papan nama tersebut diantaranya memuat jenis kegiatan,lokasi proyek,nomor kontrak,waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontarak serta jangka waktu atau lama pengerjaan proyek. Tidak di cantumkannya nilai volume pada plang papan nama proyek tersebut bukan hanya bertentang dengan perpres. Tetapi juga tidak sesuai yang dengan semangat transparansi yang dituangkan pemerintah dalam Undang-Undang No.14 tahun 2008 tentang keterbukaan imformasi publik.

Dihal lain pantauan media di sini dari bahan matrial pun tidak sesuai dengan spek,untuk bahan pondasi solokan yang seharusnya memakai bahan material pasir. Ini memakai abubatu/sirbu.

Di lokasi media mewawancarai salah satu pegawai yg enggan di sebutkan namanya” saya cuman pekerja pak,kalau masalah bahan material saya tidak paham”ucapnya. Selasa(27/09/2020) di lokasi proyek media mau konfirmasi/mewawancarai kepada pengawas pelaksananya namun dia sedang tidak ada di lokasi.

Kami bertemu LPM desa rabak kami minta keterangan kepada beliau eko menerangkan, “Alhamdulilah para pegawai yang dari luar desa hanya 4 orang Selebihnya kebanyakan pegawai itu dari lingkungan sekitar serta bahan materialpun dari masyarakat lingkungan setempat”. tuturnya. (rht/yt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *