Kampung Koroncong Kecamatan Pamijahan Menjadi Sentra Bisnis Bawang Merah Di Kabupaten Bogor

Pamijahan, Pajajaranpos.com
Icon kecamatan Pamijahan yang biasanya identik dengan Wisata Alam nya kini bertambah lagi menjadi Sentra Bisnis bawang merah khususnya di Bogor barat maupun umumnya di Kabupaten Bogor.

Warga kampung Koroncong désa Pamijahan yang dipelopori oleh Bapak Jaya Sutisna kini telah berhasil menanam tanaman bawang merah yang nota bene membutuh kan cuaca panas sementara di Kecamatan Pamijahan sendiri yang bercuaca sejuk, tanaman bawang tersebut bisa tumbuh dengan subur yang hasil panennya mencapai seratus persen lebih.

Hal tersebut dikatakan oleh Bpk Jaya Sutisna, ketika awak Media dari Pajajaranpos mengunjungi lahan pertaniannya yang ditumbuhi oleh semua tanaman bawang.

Hal tersebut tak lepas dari inovasi yang telah di terapkan di lahan pertaniannya dan merupakan hasil dari belajar cara menanam tanaman bawang yang telah dipelajari selama hampir kurang lebih tiga bulan oleh Bapak Jaya Sutisna dan timnya.

Menurutnya dengan luas lahan seribu limaratus meter memerlukan bibit Limapuluh kilo maka hasil panennya menjadi empat kwintal setengah dengan resiko kematian tanaman sebesar duapuluh persen dikarenakan hama tanaman bawang sedikit cuma kupu kupu dan gulma saja sehingga alhamdulilah hama tanaman bisa diatasi oleh timnya.

Sementara untuk pemasaran sendiri tidak menemui kendala yang berarti dikarenakan banyak pengepul-pengepul hasil pertanian yang datang langsung untuk menampung hasil panen bawang merah tersebut.

Menurut pria yang akrab dipanggil bung Rocky Gerungnya desa Pamijahan ini, alhamdulilah dengan hasil panen yang memuaskan ini akan membuka mata para petani di desa nya agar berani melakukan terobosan-terobosan yang inovatif sehingga bisa meningkatkan taraf hidup para petani di désanya.

Cuma sayang sampai saat ini belum ada perhatian dari Pemerintah terutama dari Pemerintah désa setempat baru ada pihak dari dinas pertanian khususnya PPL yang menyambangi kebun pertaniannya, padahal dengan adanya perhatian dari pemerintah mudah-mudahan pertanian tanaman bawang ini bisa mensejahterakan para petani khususnya di Kampung Koroncong umumnya di Kecamatan Pamijahan. (Beby)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *