TP PKK Desa Cipayung Girang Wakili Kabupaten Bogor Ke Provinsi

Megamendung, pajajaranpos.com
Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Cipayung Girang, Kecamatan Megamendung terpilih wakili Kabupaten Bogor pada lomba Kesatuan Gerak PKK, Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), dan Kesehatan tingkat provinsi Jawa Barat.

Jumat (19/12) tim rechecking Provinsi Jawa Barat datang menilai langsung kondisi Desa Cipayung Girang. Tim diterima oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspem dan kesra) Kabupaten Bogor, Ketua TP PKK Kabupaten Bogor, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) dan Camat Megamendung.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Bogor Renaldi Yushab mengatakan, upaya kami dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat salah satunya adalah dengan diterbitkan Peraturan Bupati tentang pengurangan penggunaan pelastik atau sterofoam yang dikenal dengan Bogor Antik atau Bogor asri tanpa plastik. Kemudian penguatan kampung KB di seluruh kecamatan yang merupakan kepedulian pemerintah Kabupaten Bogor terhadap program PKK.

“Penyuluhan tentang pemberdayaan keluarga dilakukan secara intensif mulai dari tingkat yang paling bawah seperti para tokoh masyarakat, karena mereka lah yang langsung berhubungan dengan masyarakat,” ungkap Renaldi.

Ia menambahkan, program PKK terbukti dapat meningkatkan kualitas kesehatan, mengendalikan jumlah penduduk, menciptakan keluarga yang sejahtera sehingga menjadi keluarga berketahanan dan sejahtera.

“Setelah dilaksanakan lomba ini, khususnya Desa Cipayung Girang akan memberikan akses masyarakat terhadap kehidupan yang berkualitas di bidang kesehatan dan kesejahteraan keluarga,” tambahnya.

Selanjutnya Ketua Tim Rechecking Provinsi Jawa Barat Lia Lestari menjelaskan, dirinya mewakili Ketua TP PKK Jabar mengaku bangga terhadap kader PKK yang semangat dan tanpa pamrih mendedikasikan dirinya untuk mencapai 10 program PKK dan terciptanya keluarga yang sejahtera.

“Kegiatan ini adalah tindak lanjut dari monitoring dan evaluasi yang baru dilaksanakan beberapa waktu lalu. Melalui rechecking ini akan menentukan peringkat para peserta lomba. Peringkat pertama akan kita ajukan ke pusat untuk mengikuti lomba di tingkat nasional,” terangnya.

Ia juga menjelaskan, tantangan masalah kesehatan dan kesejahteraan keluarga adalah tanggung jawab kita bersama. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengatasi tantangan tersebut. Ada beberapa kabupaten yang menjadi pesaing di tingkat provinsi Jabar maka saya berharap Desa Cipayung Girang bisa memberikan yang terbaik.

“Program kesatuan gerak PKK ini perlu terus dilaksanakan dan disempurnakan agar kedepan bisa lebih optimal dalam menciptakan kualitas kesehatan yang baik serta keluarga yang sejahtera,” tandasnya. (Firell)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *